Senin, 07 Juni 2010

Le Fabuleux Destin d'Amélie Poulain (2001)

Raymond Dufayel aka Glass Man: So that's the one, there, the guy who raises his hand?
Amélie: Yes.
Raymond Dufayel aka Glass Man: Is she in love with him?
Amélie: Yes.
Raymond Dufayel aka Glass Man: The time has come for her to take some real risks.
Amélie: Well yes, she's thinking about it. She's thinking of a stratagem.
Raymond Dufayel aka Glass Man: Yes, she likes stratagems, doesn't she?
Amélie: Yes.
Raymond Dufayel aka Glass Man: She's a bit of a coward. That's why I have trouble with her eyes. 


Dengan latar daerah wisata Montmartr, Perancis, film berbahasa Perancis ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Amélie(Audrey Tatou). Amélie si gadis lugu, pendam, dan naif tinggal seorang diri di sebuah apartemen. sejak kecil Amélie tidak pernah berhubungan dengan orang lain karena orangtuanya mengira dia memiliki gangguan pada jantungnya, padahal se, cuma gara-gara dia gak pernah dipeluk sama ayahnya. Dan karena itu, dia tidak pergi ke sekolah seperti anak pada umumnya, dia belajar di rumah dengan Ibu-nya yang keras, Amandine Poulain, kepala sekolah dari Gueuegnon. intinya, Amélie kurang kasih sayang.

Setelah dewasa, ia bekerja pramusaji di kedai di Montmartre bernama "Deux Moulins". Waktu tidak merubah apapun, Amélie tetap menyendiri. Tapi hari itu, hidup Amélie akan berubah.

Bermula pada suatu malam, diberitakan kecelakaan tragis yang merengut nyawa Lady Diana dan kekasihnya. Amelie yang sedang menyikat giginya terkejut menonton berita tersebut di TV, hingga dia menjatuhkan tutup botol yang dia pegang. Tutup botol itu jatuh dan mengetuk hingga membuka salah satu keramik dinding kamar mandi yang ternyata merupakan sebuah tempat persembunyian rahasia. Sebuah kotak rahasia anak kecil, berisi mainan, dan kartu, dan kenangan masa kecil ditemukan Amélie di dalamnya. Malam itu Amélie memutuskan untuk menemukan pemiliknya dan mengembalikannya. Sejak saat itu, Ia bertekad akan mengabdikan hidupnya untuk membantu orang lain menemukan kebahagiaan. Mulai dari membantu tetangga-nya, tuan Raymond Dufayel, agar melihat dunia luar, menjodohkan temannya di kafe, membalas dendam kepada tetangganya yang kasar terhadap pegawainya,dan lain-lain.

Tapi bagaimana dengan Amelie? Siapa yang akan menyelamatkan hidupnya?

cara nyampein pesan ke sang lelaki pujaan.  KEREN!!

Film drama tentang hidup sosial ini, menggunakan narator dengan narasinya yang cerdas, unik, lucu, dan gila. salah satu kelebihan film ini adalah penokohannya yg kuat. Masing-masing peran memiliki karakter yg unik dan cenderung 'sakit'. Rangkaian sub-plot kemudian bermunculan menyodorkan satu demi satu keping puzzle yg pelan-pelan membangun sebuah misteri besar tentang arti hidup manusia. Tema ini dimetaforakan dalam bentuk misteri wajah dalam serpih-serpih robekan pas foto yg ditemukan tercecer di semua unit photo box di seluruh penjuru kota. Film ini dibuka dengan gambaran hidup yg hambar, statis dan kosong. namun Anda pasti tersenyum penuh di akhir cerita, yaitu saat masing-masing tokohnya berhasil menemukan eksistensi mereka, dan Amelie Poulain sendiri juga berhasil mendapatkan lelaki pasangannya.


 halaman album foto koleksi gebetannya Amélie

Amélie memenangkan penghargaan best film di European Movie Awards; juga empat César Awards (termasuk Best Film dan Best Director), dua BAFTA Awards (termasuk Best Original Screenplay), dan dinominasikan untuk lima Academy Awards.

Narrator: Nino is late. Amelie can only see two explanations. 1 - he didn't get the photo. 2 - before he could assemble it, a gang of bank robbers took him hostage. The cops gave chase. They got away... but he caused a crash. When he came to, he'd lost his memory. An ex-con picked him up, mistook him for a fugitive, and shipped him to Istanbul. There he met some Afghan raiders who too him to steal some Russian warheads. But their truck hit a mine in Tajikistan. He survived, took to the hills, and became a Mujaheddin. Amelie refuses to get upset for a guy who'll eat borscht all his life in a hat like a tea cozy. 

http://bicarafilm.com/
http://www.elzzine.com/

Tidak ada komentar:

 aku ingin jadi wanita seperti itu,  yang dapat ikhlas menerima segala bentuk kekuranganmu tanpa ada ingin merubah apapun bagaimanapun sifat...