Romeo+Juliet : Prodigious birth of love



"A glooming peace this morning with it brings. The sun for sorrow will not show his head. Go hence and have more talk of these sad things. Some shall be pardoned, and some punished. For never was a story of more woe than this of Juliet and her Romeo."
Ketenangan yang sendu di pagi ini. Matahari tak bersinar karena dukanya. Silahkan bahas kejadian menyedihkan ini. Sebagian diampuni, sebagian dihukum. Karena tidak ada kisah setragis kisah Juliet dan Romeo-nya ini.


Awalnya aku tertarik sama cerita-cerita klasik waktu aku baca Twilight Saga. Si Bella itu suka banget sama cerita-ceita jaman dulu. Salah satunya Romeo and Juliet. Siapa gak  pernah denger Romeo and Juliet? Hampir semuanya pasti pernah denger tapi mungkin kebanyakan belum pernah tahu ceritanya secara keseluruhan. Dan setelah liat film ini, ternyata ada sedikit persamaan antara Romeo Juliet dengan Edward Bella :)



Dua rumah tangga yang sama-sama terpandang di fair Verona memiliki dendam lama yg bangkitkan pemberontakan baru dan pertumpahan darah. Dua kekasih yang saling menyeberang, bunuh diri.  Petualangan malang mereka membuat orang tua mereka berkabung. Mereka mati karena cinta. Dendam antar kedua keluarga tetap berkobar. Kematian mereka tak bisa menghapusnya.


"My only love sprung from my only hate! Too early seen unknown, and known too late! Prodigious birth of love it is to me that I must love a loathed enemy" - Juliet
Satu-satunya cintaku muncul dari satu-satunya kebencianku. Awalnya asing namun terlambat sudah. Cintaku pada musuh terbesarku.



Romeo dari keluarga Montague, patah hati karena cintanya yang tak berbalas oleh seorang biarawati. Dihiburlah romeo dengan sepupu dan teman-temannya. Mereka diam-diam pergi ke sebuah pesta yang diadakan oleh keluarga musuh bebuyutan mereka, Keluarga Capulet. Dan disanalah Romeo bertemu Juliet. Dan mereka saling mencintai sebelum mereka mengetahui bahwa mereka berasal dari dua keluarga yang tak mungkin bersatu.


Romeo: “Is she Capulet?”
Nurse: "His name is Romeo, and a Montague, The only son of your great enemy."


Namun, cinta kedua remaja ini begitu berkobar. Sedangkan Juliet telah dijodohkan oleh ayahnya dengan seorang pemuda tersohor dengan ketampanannya di Fair Verona, Dave Prince. Kemudian, mereka berdua memutuskan untuk menikah secara diam-diam.


Setelah mereka menikah, dengan segala kemarahannya, kakak Juliet, Tybalt,  datang mencari  Romeo. Romeo berusaha untuk berdamai. Tetapi yang terjadi malah semakin buruk. Sahabat romeo, Mercutio terbunuh oleh Tybalt. Dan berkobarlah amarah romeo dan akhirnya ia membunuh Tybalt.

Keadaan semankin sengit. Romeo menjadi buron. Dan Juliet akan dinikahkan dengan Prince.Kemudian datanglah bantuan dari Bapa Laurence. Ia dan Juliet menyusun rencana sebelum pernikahan Juliet diselenggarakan. Juliet meminum ramuan yang dapat membuatnya terlihat telah meninggal di malam pernikahan. Rencananya, setelah prosesi pemakamannya, setelah tertidur selama 24 jam. Ia akan terbangun dan hidup bersama Romeo tanpa diketahui orang lain. Kemudian Bapa Laurence membeitahu rencana ini kepada Romeo melalui suratnnya. Namun, surat itu tak pernah sampai ke tangan Romeo..


Mendengar kematian Juliet, Romeo mnjadi gusar. Sesegera mungkin ia pergi ke persemaian Juliet. Sesampainya disana, ia melihat Juliet terpejam tak berdaya, dan diminumlah racun mematikan oleh Romeo tepat saat Juliet terbangun…


"Romeo, what's here? Poison? Drunk all, and left no friendly drop to help me after?"- Juliet


Film ini sudah lama banget, waktu jamannya si Leornardo DiCaprio masih muda dan masih ganteng-gantengnya. Film ini digambarkan dengan kehidupan lebih modern, tapi dialognya tetep sama, jadi kalo kita liatnya jaman-jaman sekarang ini ya.. kalo gak bias nangkep sisi bagusnya keliatan radak aneh. Terus ada sedikit adegan antara settingnya yang lebih modern sama dialognya yang super puitis radak gak match. Berharap ada versi yang lebih bagus untuk sebuah mahakarya dari Shakespeare. Yang jelas,  aku cuma bisa bilang, Well done William Shakespeare! Karyanya bagus, kata-katanya puitis, dalem, menyentuh. Kalau masalah filmnya yang versi ini, silahkan dinilai sendiri…

Romeo take me somewhere we can be alone
I'll be waiting all there's left to do is run
You'll be the prince and I'll be the princess
It's a love story baby just say yes

Romeo save me, they try to tell me how to feel
This love is difficult, but it's real
Don't be afraid, we'll make it out of this mess
It's a love story baby just say yes
Love Story - Taylor Swift

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stay-The Most Confusing Movie I've Ever Seen

Playful Kiss/Naughty Kiss (Korean Drama)

Charlie Bartlett