Jumat, 30 April 2010

Sejarah RANDOSERU (Tas SD Jepang)



gan pasti tau kan tas anak SD jepang yang bentuknya kotak kaku itu?
nah nama tasnya itu randoseru loh ternyata. nih sejarahnya :



Sejarah randoseru sudah 100 tahun lebih, dimulai dari Bakumatsu (akhir jaman Edo/ Tokugawa sekitar 1860-an) dengan dimulainya pemakaian tas punggung ala barat “Senou” oleh serdadu Jepang. Pada tahun 1885, sekolah Gakushuin (berdiri tahun 1877) melarang murid-murid diantar dengan becak/ mobil ke sekolah dan mewajibkan murid-murid memakai “Senou” untuk membawa peralatan sekolahnya. Karena dalam bahasa belanda “senou” ini disebut dengan “Ransel”, maka Jepang mengadaptasi nama ini dan menjadi terkenal dengan nama “RANDOSERU” (ランドセル). Tapi bentuk yang dulu lebih menyerupai Rugsack daripada bentuk kotak masif seperti sekarang. Baru tahun 1887 bentuk kotak itu muncul akibat pesanan khusus Perdana Menteri Ito Hirobumi untuk hadiah masuk SD Kaisar Jepang ke 123, Kaisar Taishou ( 1879-1926).

Meskipun demikian, ransel masih merupakan barang mewah untuk anak-anak kota saja. Anak-anak di pedesaan masih memakai Furoshiki (kain segi empat seperti syal) untuk membawa peralatan tulis mereka. Baru pada tahun 1955, ransel dipakai di seluruh negeri, dan merupakan barang mutlak untuk murid SD.

Masuk SD berarti keluar dari keluarga dan masuk dalam masyarakat baru, dan dianggap sebagai satu langkah besar dalam keluarga. Persiapan membeli ransel, alat tulis, setelan jas, meja belajar merupakan kesibukan satu keluarga besar. Kakek dan nenek memberikan angpao dalam jumlah besar untuk membeli ransel, dan semua saudara biasanya juga memberikan selamat (+angpao) Nyuugaku Iwai 入学祝い.

copy from: http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=54712

*************************************

Assalamualaikum Wr. Wb.

sekian lama aku gak nulis blog lagi, antara males dan sibuk ( hohoho )
maaf ya, kalo aku bisanya cuma copy paste. saya akui saya gak bisa nulis.
tapi saya punya niat lebih untuk berbagi wawasan (haaha, ngeles mode on).

jadi, dari smp, aku udah ngincer tas ini. pertama, aku gak tahu jikalau ternyata tas ini tas anak sd jepang, yg jelas, aku ngincer tasnya Conan.

akhirnya, aku cari dan tanya-tanya..

tanya temen (Nindoo..). tapi yang aku maksud bkn itu,
trus cari di mall-mall. gak ada.
tp akhirnya aku nemu tas kotak di royal.
gak sama se, tapi hampir mirip.
tapi gak ada duit. nabung, gak nglumpuk2 duitnya, lagian aku kurang "NGEH" sama warna-warna sama motifnya.
akhirnya setelah sekian lama, 2 tahun kemudian, sekarang malah udah banyak yang pake'.
tambah lengkaplah aku males beli.

trus ada pikiran buat cari online, dan
KETEMU...
semoga aja segera ada dihadapanku..
targetku, 2 minggu lagi pesen.
yang kali ini, harus aku duluan yang make di Surabaya (heheh lak gak penting) !!!!
Amin.
Akhirnya,penantianku terjawab. Semangat-semangat !!!!!!

Tidak ada komentar:

 aku ingin jadi wanita seperti itu,  yang dapat ikhlas menerima segala bentuk kekuranganmu tanpa ada ingin merubah apapun bagaimanapun sifat...